Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional – Jurusan Hubungan Internasional (HI) merupakan salah satu jurusan favorit dan peminatnya terus meningkat setiap tahunnya. Departemen ini memang terbukti memiliki prospek yang bagus di masa depan. Departemen Hubungan Internasional sering dianggap sebagai cabang ilmu politik, sehingga hampir setiap kampus berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Tertarik mengambil program studi yang mempelajari seluk-beluk hubungan antar negara dan sistem kebijakan pemerintahan ini? tapi belum tau kampus mana saja yang memiliki jurusan HI dengan kualitas pendidikan yang baik? Berikut rekomendasi kampus Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada

Prodi Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada ( UGM ) Yogyakarta telah mendapatkan rating A dari BAN-PT sejak tahun 2014. Prodi ini masuk dalam daftar target favorit SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Dengan peminat lebih dari 2.500 orang, HI UGM hanya mampu menampung sekitar 80 orang. Dengan demikian, passing grade HI UGM mencapai 55,95%. Jurusan HI UGM menjadi favorit karena memiliki biaya yang relatif murah dibandingkan universitas lain.

2. Universitas Indonesia

Peringkat kedua diisi oleh Universitas Indonesia, dimana Prodi Hubungan Internasional juga mendapatkan rating A dari BAN-PT pada tahun 2014. Persaingan di Prodi HI UI jauh lebih ketat dari UGM. Jurusan Hubungan Internasional UI merupakan favorit kedua setelah Jurusan Akuntansi. HI UI berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dengan peminat mencapai lebih dari 3.000 orang, HI UI hanya memiliki kapasitas kurang dari 60 kursi. Ada 17 orang dari jalur SNMPTN, 22 orang dari jalur SBMPTN, dan 16 orang dari jalur SIMAK.

Baca juga: 5 Prospek Kerja Jurusan Antropologi yang Bisa Kamu Jalani

3. Universitas Airlangga

Departemen Hubungan Internasional Universitas Airlangga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Apalagi, ia memperoleh akreditasi A BAN-PT lebih awal dari UGM dan UI. Departemen Hubungan Internasional Universitas Airlangga telah dinyatakan terakreditasi A sejak tahun 2011 oleh BAN-PT. Total daya tampung Prodi Hubungan Internasional Universitas Airlangga sebanyak 140 kursi, dengan rincian SNMPTN 28 kursi, SBMPTN 42 kursi, dan Mandiri 70 kursi. Universitas Airlangga tentu bisa dijadikan alternatif pilihan, mengingat ketatnya persaingan dengan perguruan tinggi negeri favorit lainnya.

4. Universitas Padjajaran

Universitas favorit lainnya untuk jurusan Hubungan Internasional bisa kamu temukan di Bandung, Jawa Barat. Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (Unpad) pertama kali meraih akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2011. Hubungan Internasional juga merupakan salah satu jurusan favorit yang selalu penuh peminat di setiap SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dibandingkan PTN sebelumnya, Unpad menyediakan kuota HI yang lebih besar untuk jalur SNMPTN 2022, yakni 36 kursi dan 48 kursi untuk SBMPTN.

5. Universitas Jenderal Soedirman

Dari kawasan Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, ada salah satu kampus yang membuka program studi jurusan Hubungan Internasional, yaitu Universitas Jendral Soedirman (Unsoed). Unsoed menempati peringkat 36 dari 577 perguruan tinggi di Indonesia versi 4ICU. Untuk prospek ke depan, alumni jurusan Hubungan Internasional tidak hanya berkesempatan menjadi diplomat. Alumni HI berkesempatan menjadi negosiator, penerjemah, pengusaha, international officer, jurnalis, dan masih banyak lagi.