Prospek Kerja Jurusan Antropologi – Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan atau telah lulus dari jurusan antropologi, ada beberapa prospek kerja yang bisa Anda jalani. Mengetahui prospek pekerjaan Anda sendiri itu penting karena membantu Anda meyakinkan diri sendiri ketika harus mendapatkan pendidikan.

Di sisi lain, mereka yang sudah lulus pun bisa menjadi referensi saat mencari pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan passion mereka. Nah, pada artikel kali ini Glints akan memberikan beberapa prospek kerja bagi Anda yang sedang atau telah lulus dari program studi antropologi. Dengar, ayolah!

Prospek Kerja Departemen Antropologi

1. Kurator seni

Tidak banyak kurator seni yang bisa ditemukan di Indonesia, bahkan tidak ada departemen khusus untuk para kurator seni ini, lho! Oleh karena itu, profesi kurator seni merupakan prospek kerja yang menjanjikan karena banyak lulusannya yang mengambil jurusan seni rupa dan juga jurusan antropologi.

Baca juga: 5 Daftar Jenis Keanekaragaman Budaya Indonesia dan Contohnya

Dalam hal ini, lulusan antropologi dinilai mampu menganalisis karya seni karena memiliki pengetahuan dasar dalam mengamati fenomena sosial dan budaya. Menjadi kurator seni juga cocok bagi Anda yang ingin memiliki jam kerja yang fleksibel, karena pengerjaannya biasanya diatur per proyek yang memiliki jangka waktu tertentu.

2. Pengusaha

Menjadi wirausaha sebenarnya bisa digeluti tanpa terlalu terikat dengan latar belakang pendidikan yang sudah ditempuh. Namun, profesi wirausaha dapat menjadi prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan jurusan antropologi karena memiliki keunikan tersendiri.

Latar belakang pendidikan antropologi yang erat kaitannya dengan sejarah dan budaya dapat diterapkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Antropologi juga dapat digunakan untuk menambah nilai seni dan estetika pada produk yang akan dijual.

Padahal, dengan kemampuan menganalisis budaya dan manusia, lulusan antropologi mampu mengembangkan produk tradisional sehingga bernilai lebih tinggi dan berdaya saing. Mengembangkan produk lokal dan tradisional yang membuatnya memiliki daya jual tinggi juga bisa menjadi jalan untuk memajukan perekonomian bangsa dan para pengrajin. Sehingga bisnis kita tidak hanya menguntungkan tetapi juga baik untuk semua.

3. Wartawan dan wartawan

Bagi Anda yang menyukai dunia jurnalistik dan menulis, profesi wartawan atau wartawan bisa menjadi prospek kerja yang cocok bagi lulusan jurusan antropologi. Pilih jurnalisme yang membahas orang, interaksi sosial, dan seni budaya.

Dengan berbagai ilmu yang diperoleh dari jurusan antropologi, Anda dapat dengan mudah menganalisis fenomena sosial dan budaya yang terjadi untuk dijadikan tulisan atau penyampaian berita yang baik.

Lulusan jurusan antropologi juga mampu mendalami fenomena sosial dan budaya dengan kemampuan menganalisis dan mendekati orang-orang yang dipelajarinya.

Sebagai jurnalis dan jurnalis di bidang kebudayaan, Anda tidak hanya menyampaikan berita atau fenomena tetapi juga turut melestarikan suatu budaya melalui tulisan agar tidak punah.

4. Blogger

Menjadi seorang blogger juga bisa menjadi prospek pekerjaan yang layak untuk jurusan antropologi. Oleh karena itu, buatlah website pribadi yang menarik untuk dikunjungi orang. Anda bisa menulis tentang fenomena sosial dan budaya yang sedang terjadi saat ini.

Anda bahkan bisa menjadi blogger perjalanan dengan menulis eksplorasi tentang budaya yang sedang Anda teliti. Meski membangun brand blogger pada awalnya cukup sulit, namun pekerjaan ini cukup menjanjikan lho.

Anda bisa menghasilkan pundi-pundi dari iklan di blog Anda. Jika blog Anda memiliki traffic yang tinggi, akan lebih menarik lagi untuk menjadi media periklanan bagi mereka yang membutuhkan. Jangan lupa untuk konsisten menghasilkan karya, baik foto maupun tulisan di blog Anda agar blog Anda tetap hidup dan diminati banyak orang.

5. Dosen atau akademisi

Bagi lulusan antropologi yang berminat pada berbagai penelitian dan ilmu pengetahuan, menjadi dosen atau akademisi bisa menjadi prospek kerja yang bisa dipertimbangkan. Tidak ada salahnya langsung mengambil program pascasarjana setelah lulus agar bisa menjadi dosen.

Sebagai lulusan antropologi, Anda bisa menjadi dosen ilmu sosial dan politik yang mempelajari berbagai fenomena sosial dan budaya sebagai manifestasi dari interaksi manusia. Anda juga bisa mengambil berbagai program magister, mulai dari ilmu sosial hingga budaya, sehingga bisa menjadi dosen dengan bidang ilmu yang luas.

Dengan menjadi dosen, Anda juga membuka pengalaman baru melalui mahasiswa kelas dan penelitian lapangan. Bagi Anda yang menyukai petualangan, penelitian lapangan bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Selain menambah pengalaman perjalanan Anda selama penelitian lapangan, Anda juga dapat melakukan publikasi ilmiah dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.