Jurusan Kuliah Langka di Dunia – Belajar di perguruan tinggi merupakan langkah penting dalam mencapai pendidikan yang lebih tinggi. Banyak siswa memilih jurusan kuliah populer seperti ilmu komputer, bisnis, atau kedokteran. Namun, ada juga beberapa jurusan perguruan tinggi yang langka dan unik di dunia. Berikut 5 contoh jurusan kuliah yang langka dan menarik.

1. Astrobiologi

Astrobiologi adalah studi tentang kehidupan di luar bumi. Jurusan ini menggabungkan astronomi, biologi, dan disiplin ilmu lain untuk mempelajari asal usul kehidupan di alam semesta. Jurusan astrobiologi juga akan belajar tentang exoplanet, mikroorganisme ekstrem, evolusi, dan metode pencarian kehidupan di luar Bumi. Jurusan ini masih tergolong jarang karena kompleksitas dan keterkaitannya dengan banyak bidang ilmu.

Lulusan Astrobiologi dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian astrofisika atau astronomi, atau bahkan bekerja dengan badan antariksa untuk mengembangkan metode pencarian kehidupan di luar planet kita.

2. Mitos dan legenda atau Pemikiran Folkoristik

Departemen Pemikiran Mitos dan Legenda atau yang lebih dikenal dengan folkoristik berfokus pada kajian mengenai mitos, cerita rakyat, legenda dan budaya lisan dari berbagai budaya di dunia. Siswa akan belajar menganalisis dan menafsirkan cerita rakyat dalam konteks sejarah, sosial dan budaya. Mereka juga akan mempelajari peran mitos dan legenda dalam membentuk identitas dan pemikiran manusia. Lulusan dapat bekerja di bidang seni, pendidikan, atau penelitian budaya. Mereka bisa menjadi kurator museum, penulis, atau guru yang mempelajari budaya dan tradisi masyarakat.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tertinggi di Masa Depan

3. Terapi Musik

Terapi musik adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan musik dengan terapi. Jurusan ini melibatkan studi musik, psikologi, dan ilmu kesehatan. Siswa terapi musik akan belajar bagaimana menggunakan musik sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional seseorang. Mereka juga akan belajar tentang teknik terapi musik, komunikasi terapeutik, dan metode evaluasi untuk menerapkan musik dalam konteks terapeutik. Lulusan terapi musik dapat bekerja di rumah sakit, pusat rehabilitasi, dan klinik kesehatan jiwa.

4. Arkeologi Bawah Air

Arkeologi bawah air adalah studi tentang menemukan dan memahami artefak bawah laut dan situs arkeologi, seperti reruntuhan kota kuno atau bangkai kapal.

Mahasiswa di departemen ini akan mempelajari metode penyelaman, pengumpulan data, dan restorasi artefak yang terendam di lingkungan perairan. Mereka juga akan belajar tentang sejarah maritim dan peran arkeologi bawah air dalam memahami masa lalu manusia. Jangan khawatir, alumni jurusan arkeologi bawah air bisa bekerja di lembaga penelitian, museum, atau instansi pemerintah yang terlibat dalam pemugaran dan pemeliharaan warisan bahari.

5. Kriptografi

Selain itu, ada jurusan kriptografi yang mempelajari pengetahuan terkait enkripsi dan penyembunyian informasi. Jurusan kriptografi melibatkan studi tentang algoritme, matematika diskrit, dan keamanan informasi. Siswa akan belajar bagaimana merancang sistem keamanan untuk melindungi data sensitif, menganalisis kerentanan sistem, dan mengembangkan metode baru di bidang kriptografi. Pilihan ini masih langka karena keahlian teknis yang dibutuhkan dan tuntutan khusus dari industri keamanan. Lulusan memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan teknologi, badan keamanan atau badan intelijen untuk mengembangkan sistem keamanan yang canggih dan melindungi informasi penting dari serangan dunia maya.